Cicada 3301 Games Puzzle buatan Hacker


Cicada 3301 adalah sekelompok hacker dan kriptografer misterius yang acap kali membuat dan menyebarkan puzzle yang benar - benar susah diselesaikan. Puzzle yang disebar umumnya berupa gambar yang dimasukan data atau informasi rahasia berupa tulisan kecil pada gambar yang cuma bisa dilihat bila dizoom 800 kali. Kata - kata pada gambar seharusnya dibentuk sehingga mempunyai arti tertentu atau yang sulit berupa teknik menyembunyikan file yang cuma dapat dibaca dengan program sejenis steganography dan yang lainnya. Informasi itulah yang membawa kita sebagai pemecah kode ke tingkatan level berikutnya dari permainan puzzle mereka. Tak terbatas pada teknik menyembunyikan info pada gambar, puzzle yang mereka buat juga melingkupi seni, teoriangka, pemrograman, karya sastra kuno, steganography, hacking, dan berupa poster yang ditimbulkan di beragam kota di dunia. Permainan puzzle mereka ini umumnya diawali pada 5 januari tiap tahunnya.

Cicada 3301 ini mencari seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi untuk menyelesaikan kode yang mereka buat. Berikutnya, jika dia sukses menyelesaikan kode, dia akan menerima hadiah dan akan direkrut menjadi anggota Cicada 3301. Kenapa bernama Cicada 3301? Dikutip dari website Independent, Cicada ialah binatang sejenis jangkrik atau tonggeret yang memiliki siklus hidup 13 atau 17 tahun. 13 dan 17 adalah angka prima. Meskipun 3301 (seperti halnya 1033) juga adalah angka prima. Sementara bilangan prima amat dibutuhkan untuk banyak algoritma kriptografi. Teka-teki ini timbul pertama kali pada tahun 2012. Teka - teki telah ada yang mencoba menyelesaikannya. Dia adalah Joel Eriksson, seorang kriptografer. 

Sesudah menyelesaikan gambar kesatu, ia mendapatkan domisili URL. Saat dikunjungi, ada gambar lagi yang seharusnya diselesaikan, demikian itu seterusnya. Sampai gambar terakhir, dia menerima isi sebenarnya dari pesan berantai, yang berupa nomor telepon. Ketika ditelepon, dia cuma menerima rekaman suara yang mengatakan : "Very good. You have done well. There are three prime numbers associated with the original final.jpg image. 3301 is one of them. You will have to find the other two. Multiply all three of these numbers together and add a.com to find the next step. Good luck. Goodbye."

 Sesudah menyelesaikan perintah yang diberikan, Joel Erikssonharus menyelesaikan gambar lagi dan seterusnya sampai dia menerima angka koordinat peta. Sesudah dia mendatangi daerah yang dimaksud angka koordinat peta itu, dia menerima kode lagi untuk diselesaikan dan begitulah seterusnya. Untuk mengaksesnya membutuhkan software khusus, dan tak dapat diakses di mesin pencari umum seperti google, mozilla dan lain - lain. Sampai sejauh ini, tidak ada satu pun bahkan yang dapat menebak asal - usulnya, atau tujuan pasti teka-teki itu.

Apakah dia cuma kampanye humas yang kompleks untuk game terupdate? Apakah berkaitan rekrutmen badan intelijen seperti CIA, NSA, atau MI6? Atau jangan-jangan, cuma kerjaan orang iseng. Tetapi, mereka yang mengantisipasi kemunculan pesan yang sama di pekan pertama 2014 justru menemukan puluhan pesan yang mengaku berasal dari Cicada. Sebagian di antaranya sangat kompleks, tetapi akhir-akhir ini ternyata palsu. Alhasil, sesaat sebelum pukul 23.00 pada 5 Januari 2014, sebuah akun Twitter yang sebelumnya digunakan oleh organisasi Cicada merilis pesan. Akun itu membagikan gambar samar cicada untuk 700 followers-nya. "Hello," demikian pesan itu dibuka. "Epiphany di atasmu. Ziarahmu sudah dimulai. Pencerahan menunggu. Semoga sukses. 3301." 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasang TouchScreen (Lem B7000)

Magic Cube Keyboard Laser (keyboard next level)

HEBOH..!!!! SMK Jurusan TKJ Akan Dihapus Karena Berpotensi Melahirkan Para Peretas