Keunikan Merayakan Takbir Keliling Sekolah Yang Ada Di Desa Campurejo Kabupaten Gresik


Hai sahabat Artikel Semenit, kali ini saya akan membagikan artikel yang bertemakan takbir keliling idul adha yang diadakan sekolah di Desa Campurejo Kabupaten Gresik. Karena di desa tersebut sedang merayakan malam idul adha dengan cara takbir keliling.

Idul adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari idul adha diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. (Wikipedia)

Dimalam idul adha biasanya orang-orang merayakan dengan takbiran yang dibarengi dengan pukulan beduk. Tetapi, ada juga sebagian masyarakat yang merayakan malam idul adha dengan takbir keliling.



Seperti foto diatas, merupakan takbir keliling yang diselenggarakan oleh sekolah yang ada di Kabupaten Gresik yang diikuti muridnya.

Mereka meyakan takbir keliling yang bertema Arab seperti ada patung onta, ka'bah, gurun pasir, masjid, dan masih banyak lagi yang berbau muslim. 

Mereka melaksanakan takbir keliling dengan cara berjalan dan memutari desa sambil mengucapkan takbir. Maka dari itu disebut dengan istilah takbir keliling. 






Masyarakat di desa tersebut sangat berantusias dan menyambut gembira takbir keliling dengan cara menonton sampai rela baris ditepi jalan. Kebanyakan yang menonton adalah ibu-ibu dan anak. Tetapi ada juga remaja-remaja yang tidak mau ketinggalan untuk menonton takbir keliling tersebut.

Merayakan takbir keliling tersebut diadakan rutinitas setiap se tahun sekali yang diadakan oleh sekolah-sekolah. Tetapi kadang ada juga sebagian warga yang merayakan takbir keliling dengan cara tiap RT (Rukun Tetangga) atau tiap Desa.

Itu tadi sekilas takbir keliling yang ada di Desa Campuejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memasang TouchScreen (Lem B7000)

Magic Cube Keyboard Laser (keyboard next level)

HEBOH..!!!! SMK Jurusan TKJ Akan Dihapus Karena Berpotensi Melahirkan Para Peretas