Halaman

    Social Items


Halo sahabat Artikelsemenit, kali ini saya akan membagikan kalian tutorial Cara Aplikasi Joox Menjadi Rasa Premium Gratis.

JOOX merupakan layanan musik streaming legal melalui internet dengan sentuhan personal yang diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok, yang merupakan perusahaan di balik instant messaging WeChat. Wikipedia

Aplikasi JOOX mempunyai banyak keunggulan, yaitu kalian bisa treaming musik bahkan bisa di download agar bisa diputar saat offline.

Layanan dari aplikasi JOOX bisa dibilang gratis, akan tetapi kalau kalian ingin fitur yang lebih kalian bisa membeli JOOX VIP (Premium).

Keunggulan dari JOOX VIP yaitu


  1. Download musik dari JOOX tanpa batas.
  2. Memainkan lagu sesuai permintaan.
  3. Memainkan musik saat offline.
  4. Streaming kualitas Hi-Fi.
  5. Bebas suara iklan.

Gimana caranya agar mendapatkan VIP (Premium) dari Joox secara gratis?


Ada banyak cara agar aplikasi musik JOOX menjadi rasa VIP (Premium) secara gratis
  1. Download aplikasi yang disarankan oleh JOOX (3 hari VIP).
  2. Login melalui joox.com melalui browser (7 hari VIP).
  3. Membagikan musik di sosial media (12 jam VIP).
  4. Survey pengguna JOOX (1 hari VIP).
  5. Tautkan ke WeChat (3 hari VIP).

List VIP Gratis diambil pada 24 Oktober 2018 (sewaktu-waktu) akan berubah sesuai dengan kebijakan JOOX.

Contoh mendapatkan VIP Premium gratis melalui joox.com


  1. Kunjungi situs joox.com
  2. Login akun joox kalian (akun yang tertaut di aplikasi joox).
  3. Buka aplikasi Joox.
  4. Kalau sudah ada pemberitahuan "Selamat anda mendapatkan VIP 7 hari blablabla" berarti VIP kalian sudah aktif.
  5. Done.

Gimana cara menikmati musik VIP tetapi masa VIP sudah habis?


Silahkan kalian share musik Joox ke Facebook, lalu kalian mendapatkan gratis VIP selama 12 jam. Setelah itu kalian download musik yang diinginkan dan masukkan ke playlist kalian agar pada saat offline atau VIP habis kalian bisa memutar lagu tersebut.

Kalau kalian tidak ingin ribet akan tutorial diatas, silahkan kalian beli VIP (Premium) Joox.



Itu tadi tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagu kalian semua. Terimakasih

Cara Aplikasi Musik Joox Menjadi Rasa Premium Gratis


Indosat Oredoo merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Sudah 2 hari ini Indosat Oredoo mengalami error pada jaringan internet. Saya sendiri belum tau pasti penyebab errornya jaringan internet pada Indosat Oredoo sekarang ini.

Kemaren waktu tanggal 1 Oktober 2018 sekitar jam 7 malem. 4G Indosat Oredoo tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Pada saat itu saya kira smartphone saya yang error, ternyata memang jaringan Indosat yang error.

Pada saat error saya mencoba untuk memulihkan jaringan internet indosat, ternyata berbagai cara tidak bisa. Mulai dari ganti APN, aktitin VPN, serta mematikan smartphone tetap aja hasilnya nihil. Langsung saja tak kasih tau bagaimana mengatasi errornya Indosat Oredoo.

CARA MENGATASI JARINGAN 4G INDOSAT OREDOO ERROR

  • Pastikan anda memiliki paket data internet Indosat Oredoo.
  • Masuk kedalam pengaturan dan rubah LTE/4G ke 3G


Tentunya sangat mudah kan, intunya tinggal ngerubah jaringan 4G ke 3G doang. Kalau misal cara diatas tidak bisa ngerubah jaringan. Kalian bisa menggunakan cara *#*#4636#*#*.


Setelah berhasil masuk di menu *#*#4636#*#* kalian pilih WCDMA only. Maksud dari WCDMA only adalah agar jaringan internet kita masuk kedalam mode HSDPA atau 3G.

Setelah sudah berhasil masuk ke dalam mode 3G, selamat kalian sudah bisa berinternet dan tidak mengalami error pada koneksi di jaringan 4G Indosat Oredoo sementara ini.

Entah sampai kapan jaringan 4G Indosat Oredoo mengalami error, kita tunggu aja konfirmasi dari pihak Indosat Oredoo.

Sekian itu saja tutorial singkat dari Artikelsemenit, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Share jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Jaringan 4G Indosat Oredoo Error..!! BEGINI CARA MENGATASINYA


Blackberry davis tergolong handphone keluaran lama,tidak heran bnyak problem pada handphone tersebut. maka kali ini Artikel Semenit akan membagikan tutorial cara mengatasi blackberry davis led nyala layar blank.

Gejala

- Layar nge-blank (layar mati).
- Lampu LED mati hidup berulang kali (nyala led merah sekitar 5 detik dan mati sekitar 2-3 detik).
- Kalau dicolokin USB ke PC akan bunyi sesuai dengan nyala led.

Bahan yang harus dipersiapkan


1. PC

2. Kabel usb

3. Blackberry destop manager,bisa didownload disini

4. Driver blackberry ,bisa didownload disini

note : baterai handphone diatas 50%

Tutorial 


1. Install blackberry destop manager yang tadi telah didownload

2. Install driver blackberry yang tadi telah didownload

3. Tekan dan tahan tombol Power dan Home secara bersamaan hingga muncul logo pc.

4. Buka dekstop manager yang kalian install tadi.

5. Klik App Loader - Start

6. Tunggu hingga muncul: USB-PIN: UNKNOWN … segera klik Next … kalau gak keburu, ya tunggu aja sampe nongol lagi

7. Silahkan dilanjutkan proses seperti install / upgrade OS

Kalau sampek situ udah sukses ya selamat..!!! 😊


Tapi kalau error 507 jadi BlackBerry Dekstop Manager harus dimatikan dulu, dan ulangi tutorial tadi dari no.5 dan seharusnya PIN bukan UNKNOWN lagi tetapi sudah bisa dikenali lagi.

Itu tadi tutorial dari kami, apabila ada pertanyaan silahkan komentar di kolom komentar 😊

Cara Mengatasi Blackberry Davis LED Nyala Layar Blank


Apple merupakan handphone yang banyak digunakan dikalangan remaja sekarang, tapi taukah kalian bahwa bnyak orang belum mengetahui masalah-masalah software yang biasa terjadi di handphone ini dan cara mengatasinya, salah satunya masalah umum pada iphone ialah stuck pada logo apple. 

Ketika iphone dinyalakan hanya mentok sampai ke logo apple lalu mati lagi dan begitu terus menerus. kali ini  artikel semenit akan membagikan kepada anda cara mengatasi iphone yang stuck hanya di logo apple dengan cara yang mudah. berikut caranya :

Bahan yang dibutuhkan


1. PC.

2. Kabel usb iphone.

3. Install itunes pada pc ,anda bisa mendownloadnya disini.

2. Siapkan koneksi internet,karna proses restore membutuhkan koneksi internet.

Cara


1. Matikan iphone ,pastikan iphone benar-benar sudah mati.

2. Buka itunes yang tadi telah didownload dan intstall itunes.

3. Tekan dan tahan tombol Power dan Home secara bersamaan hingga muncul logo iTunes.

4. Sambungkan iphone ke komputer.

5. Itunes akan mendeteksi iphone dan akan muncul gambar seperti dibawah.


6. klik pulihkan,tunggu sampai proses restore selesai.

Selamat...!!!

iPhone anda sudah kembali seperti semula, tidak stuck logo apple lagi.

note: jika masih sama saja,berarti ada kerusakan pada hardwarenya anda harus membongkar iphone untuk mengechecknya, atau bawa ke servis center .

Cara Mengatasi Iphone Stuck Logo Apple


Hai sahabat Artikel Semenit, kali ini saya akan membagikan artikel yang bertemakan takbir keliling idul adha yang diadakan sekolah di Desa Campurejo Kabupaten Gresik. Karena di desa tersebut sedang merayakan malam idul adha dengan cara takbir keliling.

Idul adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari idul adha diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. (Wikipedia)

Dimalam idul adha biasanya orang-orang merayakan dengan takbiran yang dibarengi dengan pukulan beduk. Tetapi, ada juga sebagian masyarakat yang merayakan malam idul adha dengan takbir keliling.



Seperti foto diatas, merupakan takbir keliling yang diselenggarakan oleh sekolah yang ada di Kabupaten Gresik yang diikuti muridnya.

Mereka meyakan takbir keliling yang bertema Arab seperti ada patung onta, ka'bah, gurun pasir, masjid, dan masih banyak lagi yang berbau muslim. 

Mereka melaksanakan takbir keliling dengan cara berjalan dan memutari desa sambil mengucapkan takbir. Maka dari itu disebut dengan istilah takbir keliling. 






Masyarakat di desa tersebut sangat berantusias dan menyambut gembira takbir keliling dengan cara menonton sampai rela baris ditepi jalan. Kebanyakan yang menonton adalah ibu-ibu dan anak. Tetapi ada juga remaja-remaja yang tidak mau ketinggalan untuk menonton takbir keliling tersebut.

Merayakan takbir keliling tersebut diadakan rutinitas setiap se tahun sekali yang diadakan oleh sekolah-sekolah. Tetapi kadang ada juga sebagian warga yang merayakan takbir keliling dengan cara tiap RT (Rukun Tetangga) atau tiap Desa.

Itu tadi sekilas takbir keliling yang ada di Desa Campuejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.

Keunikan Merayakan Takbir Keliling Sekolah Yang Ada Di Desa Campurejo Kabupaten Gresik


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diminta tidak lagi membuka jurusan komputer jaringan. Sebab saat ini, tenaga kerja dibidang komputer jaringan sudah over suplay.

“Kalau tetap buka jurusan tersebut, yang ada hanya menciptakan lulusan untuk jadi pengangguran,” kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad, di sela penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Kemendikbud dengan PT Erajaya Swasembada Tbk.

Diakui awal booming IT dan komputer, jumlah SMK yang membuka jurusan komputer jaringan sangat banyak. Tetapi dalam perjalanan selanjutnya, tidak semua lulusan SMK jurusan komputer jaringan bisa diserap oleh industri IT.

Hamid mengatakan saat ini pihaknya mendorong SMK untuk membuka lebih banyak jurusan industri perhotelan dan pariwisata, jurusan logistik, jurusan retail, dan jurusan film. Empat jurusan tersebut pasar tenaga kerjanya masih terbuka sangat lebar.

Sementara itu Direktur Pembinaan SMK Bakhrun mengatakan salah satu jurusan yang banyak peminatnya saat ini adalah keahlian bisnis dan manajemen. Lulusan jurusan ini sebagian besar terserap dalam dunia kerja.

Bakhrun mengingatkan tingkat persaingan kerja saat ini semakin ketat. Lulusan SMK tidak hanya berhadapan dengan sesama lulusan SMK tetapi juga satuan pendidikan lain.

Karenanya, lulusan SMK khususnya bidang keahlian bisnis dan manajemen perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang berorientasi kepada industri. Sehingga mereka memiliki daya saing yang lebih unggul karena kompetensi yang dimiliki sesuai kebutuhan industri.

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan saya saing SDM lulusan SMK, pihaknya menjalin kerjasama dengan sejumlah industri, satu diantaranya PT Erajaya Swasembada Tbk. Perusahaan yang bergerak dibidang importir, distribusi dan perdagangan ritel perangkat seluler tersebut memiliki 800 toko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kerjasama tersebut meliputi penyelarasan kurikulum dan bahan ajar, pelatihan guru produktif,program CSR, fasilitasi praktek kerja lapangan bagi siswa SMK dan memfasilitasi perekruitan lulusan SMK jurusan Bisnis dan Manajemen.

Sumber : underxploit.me

HEBOH..!!!! SMK Jurusan TKJ Akan Dihapus Karena Berpotensi Melahirkan Para Peretas


Game Moba seperti Mobile Legends atau biasa disebut ML sebenarnya adalah game yang agak sulit, karena kalian bakal melawan player player lain dan bukan bot/komputer. Namun, ya jika kalian tau tips trick bermain ML yang baik dan benar, kalian bakal jadi pro player dan tidak menjadi beban team. Mungkin, kalian juga bisa jadi Top global Rak ataupun Top lokal Rank, jika tidak kalian juga bisa jadi Top Global Hero atau Top Lokal Hero. Semua Top di atas tentunya sangat sulit untuk mencapainya.

Rata-rata, player yang masih pemula belum mengerti betul mengenai cara bermain ML yang baik dan benar. Hingga kadang player pemula sering menjadi tukang feeder(tukang mati terus), atau parahnya lagi dia akan jadi tukang afk. Intinya jika kalian yang masih pemula, newbie atau noob player yang ingin jadi Pro, kalian harus bermain sabar, main aman, tidak egois dan saling kerja sama. Singkatnya sih begitu. Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak Tips & Trick Bermain Mobile Legends Bagi pemula berikut ini.

1. Koneksi Harus Lancar Tidak Lag

Hal yang paling utama menurut gua sih koneksi yang lancar. Karena, kalian juga tau sendiri lah, koneksi yang jelek bisa bikin lag. Jika sudah lag, pasti kalian bakal banyak mati. Saat open war atau 1vs1 tiba-tiba koneksi lag, jadinya ngeluarin skill jadi telat dan bakal auto mati. 

Saran gua sih, benerin dulu koneksinya, pastikan koneksinya hijau, ya minimal kuning juga bisa. Kalian bisa gunakan speed mode agar tidak lag(Namun ada juga yag pake speed mode palah bikin lag). Ingat! game ML tidak butuh koneksi yang cepat, namun butuh koneksi yang stabil & tidak putus putus.

Saat koneksi kalian tidak menentu (kadang lag kadang lancar), gua saranin untuk jangan main di Ranked. Mengapa? ada beberapa alasan kalian tidak boleh main ranked saat koneksi tidak menentu. Pertama, merugikan diri sendiri sekaligus orang lain. Saat main ranked, koneksi yang buruk bisa bikin kamu jadi beban team dan feeder. jadinya kalian mungkin bakal kena Report+Kda dan win rate kalian dan orang lain bakal turun. Kedua, bintang bakal turun. 

Gua sudah memastikan bahwa jika koneksi kalian buruk, maka kemungkinan menang cuma 15% (untuk tier Master keatas), jika sudah kalah tentunya kalian dan orang lain bakal rugi bintang+kalian bisa kena report. Jadi intinya Jangan Ranked jika koneksi buruk. jika koneksi buruk, lalu kalian maksain Ranked sama saja kalian buang-buang bintang.

2. Kuasai Minimal 2 Hero

Tips & trick selanjutnya yaitu kalian harus menguasai 2 hero. 1 hero kesukaan dan 1 hero tank. kuasai 1 hero, mulai dari combo skill, buildnya, skill pasif, karakteristik, Emblem dan spell yang cocok bagi hero tersebut. Jika kalian di tier epic kebawah, disarankan agar menguasai hero selain Marskman, karena di tier GM kebawah sudah banyak yang kuasai Hero Marskman/MM. Dan asal kalian tau, jika ada 2 hero MM saat match itu buruk. Namun jika tidak ada MM juga buruk. Cukup 1 Hero MM saja saat match.

Gua rekomendasikan kalian juga belajar tank, agar saat tidak ada yang mau jadi Tank, kalian langsung siap untuk jadi tank, karena mengingat peran tank sangatlah penting. Bahkan salah satu penentu kemenangan adalah adanya Hero Tank saat match, jika gaada hero tank, team kalian bakalan kerepotan. Yang terpenting jika kalian pakai Tank, yaitu Selalu didepan & rela mati demi hero lain. Tank mati 5 kali? sudah biasa. Saran gua, pilih tank yang bisa bikin lawan repot, misal Grock, Akai, Tigreal, Hilda, Minotaur atau balmond.

3. Main Aman

Nah ini nih penyakitnya para pemula maupun noob player (player pemula bukan berarti noob). Mainya gak hati hati alias nekad. Misal ada musuh sekarat, dia kejar meskipun masuk turret, dan hasilnya mereka bakal mati karena turret. Atau ada musuh yang nggerombol, tiba tiba dia nyelonong maju sendiri. ya kalo kalian seperti itu ya bakal mati lah. 

Jadi jika kalian yang masih suka mati karena turret atau mati kena keroyok, waktunya kalian berhenti jadi feeder. Main dengan hati hati, lagipula jika ada teman yang bisa bantu, ngapain nyelonong maju sendirian? jika kita bisa ngeroyok lawan, ngapain kita gak ngeroyok? 

Intinya, main aman itu sangatlah penting, jika kalian main nekad, bukan tidak mungkin kalian bakal jadi feeder+Item gak jadi+level hero paling rendah+kena report+kda turun, yang bisa bikin beban team doang.

4. Pintar-pintar Farming

Ada 2 tipe Noob player bermain ML. Pertama, gak pernah Farming sama sekali, yang kedua, kerjaanya cuma farming tanpa peduli tower. Farming sih boleh, tapi harus fokus turret, karena turret lebih penting daripada monster hutan. Buat kalian yang masih pemula, sebaiknya kalian mulai dari sekarang harus pintar pintar farming. Kalian harus tau kapan ke hutan dan kapan harus jaga turret. Sedikit tips, jika kalian mau ke hutan, bunuhlah minion yang menuju ke turret kita, agar lebih aman. Selanjutnya kalian farming di hutan secepat mungkin, lalu balik jaga turret lagi. Ulangi hal tersebut terus menerus, maka kalian gak bakalan kalah level dan gold, bahkan bisa dapat level dan gold tertinggi.

5. Tidak Buta Map

Buta map maksudnya itu, tidak pernah melihat map kecil di pojok kiri atas. Sehingga orang yang buta map tidak akan tau bahwa mungkin ada hero lawan yang didekatnya yang ingin nge-kill. Parahnya lagi, player yang buta map pasti tidak tau kondisi turret diserang, sehingga sering kecolongan tower. Ya pastinya ini sangatlah merugikan team, dan Player yang buta map sangat dibenci Pro player ML. Tak hanya itu, player buta map rata rata tidak tau kondisi team, sehingga jarang membantu team saat war kecil. Intinya, selain kalian harus melihat hero kalian, kalian harus melihat Map secara terus agar kalian tidak kecolongan tower, bisa bantu team dan gak keciduk. Jika kalian orang yang cerdik, kalian bisa melihat respawn monster hutan lawan, yang bisa kalian curi agar menambah gold dan level.

6. Perhatikan Selalu Tanda Peringatan

Selain tidak buta map, hal yang harus kalian lakukan yaitu perhatikan selalu tanda peringatan. Tanda peringatan ada 3, yaitu retreat (mundur), attack (serang), dan gather (berkumpul). Letaknya ada di pojok kanan agak atas. Tanda tersebut merupakan perintah dari teman, untuk melakukan suatu hal sesuai tombol. Nah ini juga penting sekali, agar kalian semakin kompak dengan team kalian. 

Misalnya pas war dan team kita banyak yang mati klalu kita disuruh untuk retreat, ya kita langsung mundur. Apabila ada musuh yang nyelonong sendiri, lalu teman kita ngasih perintah attack, ya kita ikut nyerang juga. apabila ada yang minta bantuan lalu dia mencet gather, ya kita bantu. Itulah sedikit gambaran mengenai tanda peringatan. Intinya kalian harus peka apabila ada tanda tanda tersebut, dan jika kita diperintah ya ikuti saja.

7. Jangan Saling Hina

Kebanyakan player indo yang tiernya masih bawahan, sering sekali saling hina gara gara ada teman yang agak Noob atau ada yang nyampah buff. Jika kalian seperti itu, maka hentikan kabiasaan kalian untuk hina orang lain. ada beberapa alasan kalian tidak boleh saling hina, meskipun dalam keadaan apapun.

8. Fakus Hancurin Turrent, Bukan Fokus Kill

Saat match, usahakan kalian selalu push tower/hancurin tower. Jangan cuma kill dan kill doang, yang ada nanti game bakal lama dan mungkin akan kena comeback dari lawan. Gunakan strategi berikut, pertama kill lawan yang lagi jaga turret (jangan lupa untuk minta bantuan teman), setelah lawan mati, jangan jungle dulu! hancurin turretnya lebih dahulu. Atau bagusan lagi bila kalian curi turret lawan, dengan cara meminta bantuan teman untuk mengalihkan perhatian, lalu kalian diam diam push tower. 

9. Kalian AFK Sama Dengan Dapet Dosa

Emang apa hubunganya Afk dengan dosa? gini gini.. logikanya jika kalian Afk, maka kalian akan menyusahkan dan merugikan orang lain. jika kalian menyusahkan dan merugikan orang lain, maka akan mendapat dosa. Emang menyusahkan dan merugikan orang lain dapat dosa? iya lah bro, masa menyusahkan dan merugikan orang lain bisa dapet pahala. Lagipula, menyusahkan dan merugikan itu kebalikanya dari membantu.

10. Selalu Main Bareng

Mabar merupakan salah satu cara agar kalian bisa menang terus saat match. Baca juga, .Dengan mabar, kalian bisa terhindar dari bocah dan noob player. Namun, jangan asal mabar yah, pastikan orang yang kalian ajak mabar tersebut adalah player yang pro/agak pro agar tidak jadi beban team. Bagi para player yang pemula, saat rank kalian tidak bisa mabar dengan 4 orang. kalian hanya bisa mabar ber-2,3 atau 5 orang saja. Kecuali kalau di classic kalian bisa bermain ber-4

10 Tips Bermain Mobile Legends Agar Jadi PRO PLAYER

Gambar Android Studio - Google.com

Apa itu Android Studio?

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu - Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android, misalnya:
  • Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel.
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur.
  • Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android.
  • Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh.
  • Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif
  • Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain.
  • Dukungan C++ dan NDK.
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, mempermudah pengintegrasian Google Cloud Messaging dan App Engine.
Android berubah menjadi platform yang begitu cepat dalam melakukan inovasi.  Hal ini tidak lepas dari pengembangan utama di belakangnya, yaitu Google. Googlelah yang mengakuisisi Android dan kemudian membuatkan sebuah platform.

Platform android terdiri dari Sistem Operasi berbasis Linux, sebuah GUI (Graphic User Interface), sebuah web browser dan Aplikasi End-User yang dapat di download dan juga para pengembang bisa dengan leluasa berkarya serta menciptakan aplikasi yang terbaik dan terbuka untuk digunakan oleh berbagai macam perangkat.

Baca juga: Cara Membuat Project Melalui Android Studio

Sejarah singkat Android Studio

Pada awalnya mulanya, Android Inc merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication, Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc Didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.
Konsep yang dimiliki Android Inc ternyata menggugah minat Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, Akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inch Oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. saat itu banyak yang berspekulasi bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah Android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platform Linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.
Maka dari situlah banyak pengembang sistem maupun software berlomba lomba untuk membuat atau merancang sistem Android menggunakan software – software yang support dengan Android, dan sebagai contoh di sini kita pengenalan Android Studio.

Memahami perbedaan versi Android Studio

Android Studio yang kita kenal selama ini terdiri empat jenis rilis yaitu Canary, Beta, RC, dan Stable. Apa perbedaan masing-masing versi rilis Android Studio ini? 


Canary

Versi Canary akan mendapatkan semua jenis rilis. Artinya saat ada fitur baru yang dibuat maka versi Caranya akan bisa langsung mencoba fitur tersebut tanpa perlu menunggu lama. Update untuk Canary biasanya dirilis setiap minggu.
Di versi ini kita kemungkinan akan menemukan bug di sana sini karena fitur-fitur baru yang eksperimental dan belum sempurna sudah langsung didapatkan.

Dev

Build dari versi Canary yang sudah cukup matang (sudah teruji secara klinis selama beberapa waktu) akan dipilih untuk masuk ke versi Dev. Sama seperti Canary, Dev juga dipakai untuk menguji fitur baru secepat mungkin ke pengguna. Meskipun dipilih dari fitur Canary yang sudah diuji, bukan 
berarti bebas bug namun seharusnya memiliki bug yang lebih sedikit.
Rilis versi Dev keluar tiap minggu atau tiap bulan.

Beta

Jika ingin menggunakan Android Studio yang memiliki fitur baru tapi dengan resiko bug yang kecil, gunakanlah versi Beta. Rilis Beta biasanya sudah mengikutsertakan fitur-fitur baru namun dengan bug yang jauh lebih sedikit.

Stable

Setelah semua fitur mengalami pengujian secara penuh melalui versi-versi sebelumnya, maka kita dapat menggunakan Android Studio yang minim masalah lewat versi Stable. Melalui versi ini kita 
diberikan garansi Android Studio yang memiliki stabilitas tinggi dan performa yang baik.
Mana yang Harus Saya Pakai?

Secara umum saat kita mengunduh Android Studio di situs resminya, kita akan diarahkan ke versi Stable karena versi inilah yang paling matang dan paling aman dengan performa paling baik. Untuk pekerjaan sehari-hari pun kita disarankan untuk selalu menggunakan versi Stable untuk menghindari masalah-masalah yang tidak diinginkan. 

Apabila ngebet ingin segera mencoba fitur-fitur baru tanpa harus menunggu masuk ke versi Stable, kita pun bisa memasang versi lain secara berdampingan dengan versi Stable. Hal ini dikarenakan setiap versi Android Studio memiliki folder settingnya sendiri. 

Misalnya di Linux Android Studio 2.3 dan 3.0 masing-masing memiliki folder .AndroidStudio2.3 dan .AndroidStudio3.0 sehingga penggunaan salah satu versi Android Studio tidak akan mempengaruhi versi lainnya. 

Sekian dari saya, itulah tadi Apa Itu Android Studio?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Bila ada kesalahan mohon dikoreksi, saya juga manusia biasa yang membagikan sedikit ilmu ke kalian melalui blog.

Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa kembali :D

Apa Itu Android Studio

Halo semuanya kembali lagi di Artikel Semenit, untuk artikel kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana Cara Membuat Project Melalui Android Studio, yang sebelumnya saya sudah share Apa itu Android Studio. Langsung saja kita coba bagaimana caranya membuat project Android Studio. Silakan disimak baik-baik ya.

Pertama kalian buka dulu aplikasi android studionya (jika belum punya atau belum install android studio bisa klik di sini)

jika sudah membuka aplikasi android studio maka keluar tampilan seperti gambar di atas, selanjutnya klik “Start a new Android Studio project


Setelah itu jika kalian sudah klik “Start a new Android Studio project” maka muncul tampilan seperti di atas. Silakan isi bagian-bagian sesuai penjelasan berikut:
  • Application name : Nama aplikasi yang ingin dibuat.
  • Company domain : Company asal pembuat contoh “idev.team.artikelsemenit”.
  • Project location : Lokasi tempat penyimpanan project pada pc/laptop kita.
  • Include c++ : Jika aplikasi menggunakan c++ bisa di centang "Include C++ support" (jika tidak menggunakan jangan di centang).
  • Include kotlin : Jika aplikasi menggunakan Kotlin bisa di centang "Include Kotlin Support" (jika tidak menggunakan jangan di centang).
Jika sudah silakan kalian klik Next maka muncul seperti berikut.


Tampilan di atas menunjukan jenis project apa yang akan dibuat apakah phone, wear, tv atau android things? Jika ingin memilih project mobile centang pada phone dan tablet lalu pilih minimum sdk.

SDK ( Software Development Kit) adalah satu set perkakas pengembangan software yang digunakan untuk mengembangkan atau membuat aplikasi untuk paket software tertentu, software framework, hardware platform, sistem komputer, konsol video game, sistem operasi atau platform sejenis lainnya.

NB: Pilih minimum sdk yang penggunanya 100% seperti pada gambar di atas, jika sudah memilih minimum sdk silakan klik Next maka akan tampil seperti gambar berikut.


Tampilan di atas menunjukan jenis layout yang akan dibuat (bagi pemula disaran kan menggunakan empty activity) lalu klik Next.


Setelah klik Next maka akan muncul tampilan seperti di atas. Tampilan tersebut berisi nama activity dan nama layout yang di mana jika sudah di buat akan menjadi 1 buah class. Lalu klik Finish dan  project sudah selesai dibuat. Hasilnya seperti di bawah ini.


Bagaimana menurut kalian, mudah bukan? Silakan berkreasi dan menciptakan aplikasi android terbaik kalian yang bisa di gunakan atau bisa membantu dalam kehidupan orang lain.
Untuk artikel saya yang lain tentang bagaimana cara membuat aplikasi android, bisa kalian cari lewat blog ini.

Atau kalian bisa klik di sini

Semoga ilmu ini bermanfaat, jangan lupa share Artikel Semenit ini sama teman-teman kita yang sedang membutuhkan tutorial ya “Belajar sambil Berbagi itu Luar Biasa”.

Cara Membuat Project Melalui Android Studio


Vendor teknologi asli Indonesia, Vivan, membuat inovasi baru dengan memamerkan dua powerbank yang bisa isi baterai laptop yaitu Power Elite MF20 dengan kapasitas 20.800mAh dan Big Bank BB64 dengan kapasitas 64.000mAh.

Keduanya bahkan diklaim bisa mengisi baterai drone. Tak cukup sampai di situ, perangkat inovatif ini juga dapat menyalakan TV LED, lampu belajar, drill, printer, solder, dan kulkas portabel.

Vivan MF20 dan BB64 tengah dipamerkan di event akbar Jakarta Fair Kemayoran yang berlangsung sejak 23 Mei hingga 1 Juli 2018. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan kedua powerbank 'ajaib' ini, kamu bisa mengungungi event tersebut.

Dalam keterangan resminya, Rabu (30/5), Vivan menjelaskan MF20 dilengkapi 1 input type C 5V/3A dan 3 output dengan fitur QuickCharge 3.0 untuk pengisian cepat serta sebuah output 220V/85W (AC). Tiga output ini memungkinkan powerbankmengisi daya tiga perangkat sekaligus.

Ketersediaan output 220V/85W dapat digunakan untuk menyalakan perlengkapan rumah tangga. Mulai dari kipas angin, lampu belajar, lampu LED, speaker portable, coffee maker, hingga baterai drone.

Cara penggunaan perangkat berdimensi 6,3 x 2,57 x 2,6 inci ini pun seperti powerbank pada umumnya, yang mana hanya plug and use.Sementara ketika ingin mengisi baterai laptop atau lainnya yang membutuhkan output 220V/85W, cukup tekan tombol power dan sambungkan kabel ke powerbank.

Sedangkan BB64 memiliki dimensi 210 x 161 x 48,5 mm sehingga untuk menampung sel baterai dengan kapasitas sebesar 64.000mAh dibutuhkan tempat yang besar pula. Sementara itu bobotnya 1,88 kg, nyaris seperti laptop.

Di samping itu, Vivan juga memamerkan powerbank Jumper JP08 yang dapat digunakan untuk jumper starter accu (aki) sepeda motor dan mobil yang 'soak'. Daya maksimal jumper yang bisa dialirkan oleh powerbank ini adalah hingga kendaraan bermesin 3.000cc.

Soal daya, powerbank berkapasitas 8.000 mAh ini dilengkapi dengan output voltage 12V dan start current 200A serta peak current 300A. Powerbank berdimensi 135mm x 79mm x 21mm tersebut juga dilengkapi USB output 5V 2.1/2A untuk kebutuhan pengisian daya pada smartphone, kamera digital, MP3/MP4, dan PSP.

PowerBank asal Indonesia Klaim Bisa Jumper Aki Mobil (Vivan)