3 Aplikasi dari Google untuk Entrepreneur Muda Indonesia

Perempuan memainkan peran penting dalam pengembangan usaha mikro hingga menengah di Indonesia. Sayangnya, banyak pebisnis perempuan yang belum memanfaatkan teknologi. Saat ini Google telah meluncurkan berbagai program gratis untuk mengembangkan bisnis.

Data International Finance Corporation tahun 2016 menyebutkan, 51 persen sektor bisnis mikro dan kecil di Indonesia dimiliki oleh perempuan. Perempuan juga menguasai 34 persen sektor bisnis menengah.

Sayangnya, 47% pengusaha perempuan Indonesia jarang memanfaatkan teknologi. Termasuk pemakaian computer untuk mengembangkan bisnis mereka. Padahal, hasil studi menunjukkan bisnis yang hadir secara online dapat tumbuh 80 persen lebih cepat dari bisnis yang masih konvensional atau masih offline.

Head of Corporate Communications Google Indonesia Jason Tedjakusuma mengatakan, Google berupaya mendorong peningkatan penguasaan teknologi bagi pebisnis perempuan. Salah satunya lewat Womenwill yang digelar di lima kota.

“Tak hanya itu, Google juga turut mendukung para pebisnis perempuan melalui produk-produk gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis mereka,” kata Jason melalui siaran pers, Senin, 18 September 2017.

Setidaknya terdapat tiga produk Google yang bisa dimanfaatkan untuk mengambangkan pelaku bisnis dan UKM ke ranah digital.

Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan platform dari Google yang menampilkan bisnis Anda di penelusuran Google dan Maps. Manfaat utama Google Bisnisku ini pebisnis dapat mengetahui performa bisnisnya secara online. Misalnya mengetahui jumlah klik dan panggilan telepon, juga berapa kali listingan Anda dilihat.

“Analisa ini dapat membantu pebisnis membuat strategi pemasaran berbasis data yang lebih efektif. Bahkan sekarang dapat membuat situs web gratis menggunakan platform ini,” kata Jason.

Pendaftaran ke Google Bisnisku mudah dan gratis. Para pemilik bisnis hanya perlu masuk ke akun Gmail dan berkunjung ke www.google.co.id/bisnisku. Proses pendaftaran dan verifikasi umumnya dapat selesai dalam 1-2 minggu. Setelah diverifikasi, akun Google Bisnisku bisa dikelola kapan saja.

Google Analytics


Web Analytics adalah program yang dapat membantu mengetahui dan menganalisa apa yang dilakukan oleh para pengunjung situs secara detail. “Dengan memanfaatkan informasi dari Web Analytics, Anda dapat mengoptimalkan situs web bisnis Anda serta meningkatkan ROI Anda,” tutur Jason.
Google Analytics juga bisa dimanfaatkan secara gratis.

Google Primer

Google Primer merupakan aplikasi edukasi mobile gratis untuk para pelaku usaha kecil, pengusaha, dan pemasar. Primer mengajarkan dasar-dasar pemasaran dan bisnis dalam bentuk yang ringkas sehingga dapat dipelajari di mana pun berada. Memanfaatkan waktu luang meskipun hanya 5 menit saja.

“Google menciptakan Primer untuk membantu pemilik bisnis mengasah keterampilan mereka di tengah perubahan dunia yang pesat. Alat dan teknik digital mutakhir terus berubah dan berkembang,” tutur Jason.

Diresmikan pada akhir bulan Agustus lalu, Google Primer kini telah dapat digunakan juga dengan bahasa Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasang TouchScreen (Lem B7000)

Magic Cube Keyboard Laser (keyboard next level)

HEBOH..!!!! SMK Jurusan TKJ Akan Dihapus Karena Berpotensi Melahirkan Para Peretas