DITERIMA GOOGLE ADSENCE DALAM HITUNGAN JAM


Pengalaman ini bermula saat saya sudah tak aktif lagi ngeblog. Berbagai tugas di tempat kerja memaksa saya untuk meninggalkan dunia blogging. Walau pun demikian,  gairah untuk saling berbagi informasi di dunia maya masih  melekat di hati.

Pengalaman ini berawal dari kesamaan hobi dengan seorang rekan kerja yang sama-sama gila bola. Bedanya, dia fans fanatik Real Madrid, sedangkan saya lebih suka rival abadinya, Barcelona. Untuk klub bola lokal, kita sama-sama Bobotoh Persib.

Hampir dapat dipastiakan kami selalu mengikuti setiap pertandingan kedua klub sepak bola tersebut, maka tak aneh jika setiap obrolan di kantor selalu berbau sepak bola.

Setidaknya mengulas skor pertandingan terakhir atau fakta-fakta terkait kedua klub.
Pada suatu saat, saya berfikir alangkah baiknya jika obrolan-obrolan bola yang seringkali mewarnai hari-hari kami untuk di abadikan dalam sebuah tulisan. Tulisan hasil karya sendiri sebagai bukti kekaguman pada klub sepak bola idola.

Singkat cerita teman saya pun setuju. Karena sama-sama berlatar belakang pendidikan ilmu komunikasi, meliput dan menulis bukan hal yang terlalu asing bagi kami.

Untuk menampung tulisan-tulisan yang telah dibuat, akhirnya kami memutuskan membuat sebuah blog sederhana dengan harapan dapat memberikan informasi, setidaknya bagi mereka yang sama-sama menyukai Madrid dan Barcelona.

Karena keterbatasan waktu, kami tak selalu punya kesempatan untuk menulis konten setiap hari. Kami hanya menulis saat waktu senggang, kadang hanya satu atau dua tulisan saja dalam seminggu.

Tiga bulan berlalu, blog yang kami bangun sudah cukup padat, tepatnya sudah ada 30 postingan. Tak tau berapa banyak pengunjungnya, karena dari awal kami tidak terlalu mementingkan hal itu.

Pada bulan keempat, kami mendapatkan tugas baru di tempat kerja yang memaksa kami meninggalkan kegiatan menulis. Blog yang kami bangun pun terbengkalai begitu saja.

Dua bulan berselang, saya menyempatkan update tulisan terbaru di blog, kebetulan ada long weekend. Tulisannya tentang rekor yang dicatat Lionel Messi bersama Barca.

Besoknya, teman saya pun ikut update tulisan lewat smartphone, berhubung dia sedang pulang kampung. Tulisannya tentang La Desima atau 10 Piala Champion Real Madrid. 

Memang begitu, kami terkadang berkompetisi dalam mengunggulkan masing-masing tim idola.

Libur cukup panjang, dan saya tidak punya agenda apa pun selain santai di rumah, paling sesekali nonton tv, baca buku, dan menulis. Iseng-iseng saya kunjungi beberapa blog yang dulu sempat menjadi referensi saat aktif blogging.

Selain itu, Saya pun coba mampir di beberapa forum komunitas blogger Indonesia, tak terkecuali forum komunitas publisher Adsense Indonesia yang dulu sempat menjadi tempat mondar-mandir saya.

Setelah saya membaca beberapa tulisan dan komentar di beberapa forum komunitas,  terlebih di forum Adsense, saya merasa miris. Salah satu hal yang membuat saya terpaksa mengelus dada, ternyata masih banyak blogger Indonesia yang teriak-teriak karena ditolak alias gagal daftar Google Adsense.

Melihat realitas ini saya jadi berfikir, Apakah sesulit itu daftar Adsense sekarang ? Padahal dulu saya tidak samapai berminggu-mingu apalagi berbulan-bulan untuk mendapatkannya.
Berbekal rasa penasaran, saya pun coba mendaftarkan blog sederhana tadi. Tentu, setelah sebelumnya dilengkapi dengan berbagai fitur sesuai kebijakan Adsense.

Saya daftarkan blog bola yang sempat tidak terurus tersebut kurang lebih jam 21.00 WIB. Alhasil, pagi-pagi sekitar jam 05:00 Wib saya buka hp, ternyata sudah ada email dari Adsense. Setelah dibaca, ternyata isinya  menyatakan blog saya diterima secara penuh menjadi publishernya. Email tersebut dikirim oleh pihak Adsense jam 01:14 am, artinya hanya membutuhkan kurang dari 6 jam bagi pihak Adsense untuk meriview dan memutuskan menerima pendaftaran blog saya.

Dari kejadian ini saya menyimpulkan bahwa untuk hanya sekedar diterima Google Adsense,  sebenarnya dari dulu sampai sekarang pun tidak sulit. Yang membuat sulit karena kita seringkali mengabaikan aturan main dan standar kelayakan yang ditentukan pihak Adsense.

Sebagai informasi saja dan semoga bermanfaat, saya coba jelaskan kondisi blog saya sewaktu didaftarkan Adsense yang akhirnya diterima dalam hitungan jam.

  • Konten Blog
Blog saya berisi liputan dan artikel seputar sepak bola, terutama tentang Real Madrid, Barcelona, dan Persib. Berisi 32 postingan dengan rata-rata panjang tulisan 300-500 kata.
Semua tulisan bersih dari Copas, kecuali photo yang diambil dari instagram dan diedit ulang. Hampir setiap postinagan dipasang photo/gambar.

  • Template Blog
Saya gunakan template dua kolom, simple dan clean dari Arlina Design. Di bagian header dipasang logo blog dengan format png.

  • Menu Navigasi
Blog memiliki navigasi header, namu sewaktu didaftarkan ada sebagian menu yang tidak memiliki link aktif. Di bagian footer ada menu privacy policy, Disclaimer, About, Contact, dan Sitemap.

  • Widget Sidebar
Saya Cuma memasang 3 widget di sidebar blog, recent post, popular post, dan social media.

  • Umur Blog dan Blogger
Pada saat didaftarkan, blog saya sudah berumur kurang lebih 6 bulan. Saya daftarkan memakai identitas teman istri yang pada waktu itu usianya 25 tahun.

  • Jumlah Pengunjung Blog
Untuk jumlah pengunjung blog, saya kurang tahu persis. Tapi jika dilihat pada statistik blog yang ada di dashboard blogger, rata-rata pengunjung hanya 10-50 pengunjung per postingan.

  • Google Webmaster Tool
Blog sudah didaftarkan ke Google Webmaster Tool, tapi saya tak pernah lagi buka tool tersebut. Saya pun tak tahu sebera banyak tulisan yang terindeks di Google.

Itulah pengalaman terakhir saya mendaftarkan blog ke Google Adsense. Tulisan ini tidak bermaksud menggurui siapa pun, saya hanya mencoba berbagi pengalaman dan barangkali ada manfaatnya, khusnya bagi teman-teman yang sampai saat ini masih kesulitan diterima Adsense.

Pesan saya, menulislah sesuai passion, dengan begitu kita akan selalu merasa enjoy dan tak akan kehabisan ide setiap kali menulis. Jika ingin diterima Google Adsense, ikuti aturan main dan berbagai kebijakan yang disyaratkannya.  Semoga sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasang TouchScreen (Lem B7000)

Magic Cube Keyboard Laser (keyboard next level)

HEBOH..!!!! SMK Jurusan TKJ Akan Dihapus Karena Berpotensi Melahirkan Para Peretas